Skip to main content

Upaya Pemetaan Dalam Mendulang Potensi Di Kecamatan Selogiri


Sekcam Selogiri, H. Toto Tri Mulyarto, S.IP. MM (kiri) bersama petugas P3MD Fitria Candra Wijaya (kanan), ketika mewawancari pengelola kolam pemancingan di Dusun Nangger, Jum'at (20/4/2018).

 

Kecamatan Selogiri merupakan gerbang masuk Kabupaten Wonogiri dari arah utara (Sukoharjo). Terdiri dari 10 desa dan 1 kelurahan, kecamatan yang memiliki nilai histori terkait lahirnya Kabupaten Wonogiri ini menyimpan beberapa potensi yang layak untuk dipublikasikan. Mulai dari sektor pertanian, kuliner, UMKM, hingga potensi wisata. Upaya pemetaan potensi desa dan kelurahan pun dilakukan sebagai langkah strategis dalam menentukan program pengembangan potensi yang ada. Sekcam Selogiri, H. Toto Tri Mulyarto, S.IP. MM yang dibantu petugas Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3MD), dan relawan TIK Kecamatan Selogiri  telah memulai pemetaan potensi sejak 2 hari terakhir. Dari 2 desa, yaitu Desa Sendangijo dan Desa Nambangan, sedikitnya ada 5 tempat yang sudah mereka kunjungi.

Perjalanan dalam rangka pemetaan potensi ini mereka awali dengan mengunjungi telaga Cilaket yang berada di Desa Sendangijo, pada hari kamis (19/4/2018), pagi. Perbukitan disekitar destinasi wisata tersebut membuat Telaga Cilaket makin nampak cantik. Melalui publikasi yang masif dan sedikit sentuhan, tempat wisata yang bersebelahan dengan Bendung Colo ini diharapkan bisa menjadi potensi wisata unggulan di Desa Sendangijo. Usai bersantai sejenak di Telaga Cilaket, rombongan tim pemetaan potensi langsung bergerak menuju tempat produksi pupuk organik plus biokom serta penggilingan padi (Rice Mill), yang berlokasi di Dusun Ngawen. Kantor pemasaran pupuk organik dengan motto Back To Nature ini resmi beroperasi sejak tanggal 2 Juli 2001.

Telaga Cilaket

 

Bahan dasar pupuk organik plus biokom

Usaha kerajinan rajut milik Mamik Sunarmi yang beralamatkan di Dusun Keblokan RT 001 RW 008, juga tak luput dari pemetaan, yang dilakukan pada hari Jum’at (20/4/2018), siang. Berawal dari sekedar hoby sejak bersekolah di bangku SMP, kini kepiwaianya dalam merajut bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Helaian benang ia sulap menjadi 3 produk unggulan yaitu tas, dompet, dan sepatu. Omsetnya pun lumayan, dalam 1 bulan ia bisa memperoleh hasil Rp. 10 juta hingga Rp. 15 juta. Ditanya soal pemasaran, Mamik menuturkan bahwa sudah ada beberapa reseller yang memasarkan produknya. Mulai dari Probolinggo, Sukoharjo, solo, dan Lombok.

Sekcam Selogiri, H.Toto Tri Mulyarto, S.IP, MM saat menunjukan tas seharga Rp. 260 ribu, hasil rajutan pengrajin Mamik Dusun Keblokan.

 

Mamik Sunarmi, ketika mengenalkan produksi tas kwalitas premium hasil karyanya seharga Rp. 650 ribu.

Usai pemetaan potensi di Desa Sendangijo, rombongan pun bertolak menuju Desa Nambangan. Tujuan pertama adalah tempat pemancingan yang ada di Dusun Nangger. Saat dikunjungi, tempat pemancingan milik Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Desa Nambangan ini tengah direnovasi. Pengelola berencana akan membangun sebuah kedai apung ditengah kolam pemancingan tersebut, lengkap dengan menu spesial. Pengelola berujar bahwa tempat tersebut diyakini bisa menjadi wisata unggulan di desa yang merupakan pintu masuk ke Kabupaten Wonogiri.

Sejumlah tenaga kerja sedang membersihkan saluran pembuangan air di kolam pemancingan milik BKM Desa Nambangan.

Selain tempat pemancingan, Desa Nambangan juga memiliki potensi di sektor pertanian. Terbukti dengan adanya Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Daya Guna Karya. Disamping mempunyai sarana dan prasarana yang lengkap, Gapoktan ini juga dilengkapi Pos Penyuluhan Desa (Posluhdes) yang beralamatkan di Jalan Jonambang 3 Nomor 48, Dusun Gadungan, Desa Nambangan, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Alat pemotong padi kebanggaan Gapoktan Daya Guna Karya Desa nambangan.

Perjalanan Sekcam Selogiri,  yang ditemani Fitria Candra Wijaya (P3MD), dan Ratih Joko Purnomo (Relawan TIK), rencananya akan dituntaskan hingga ke seluruh pelosok desa dan kelurahan di Kecamatan Selogiri. Selain dalam bentuk data, hasil pemetaan rencananya akan didokumentasikan dalam bentuk video yang akan direlease usai pemetaan potensi secara keseluruhan.

Pengumuman

Statik Pengunjung

  • Hari Ini (30 Kunjungan)
  • Kemarin (27 Kunjungan)
  • Total (27818 Kunjungan)

Data Polling

Menurut pengunjung, apakah isi website ini bersifat informatif ?

  • Ya
  • Cukup
  • Tidak
  • Tidak Tahu