Skip to main content

Menaruh Asa Untuk Dua Desa di Kecamatan Selogiri Dalam Pilkades Serentak Tahap II di Kabupaten Wonogiri


Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tahap II Tahun 2018 di Kabupaten Wonogiri digelar pada hari Selasa (4/12/2018). Di Kecamatan Selogiri sendiri ada dua desa yang menyelenggarakan Pilkades, yaitu Desa Jendi dan Desa Nambangan. Masing-masing desa terdapat dua calon kades (kepala desa) yang berkompetisi di pesta demokrasi tersebut.

Panitia Pilkades yang terbentuk pada awal Oktober lalu, melakukan berbagai persiapan secara intens guna kelancaran ajang pesta demokrasi di desanya. Berbagai kegiatan pun dilakukan sesuai dengan tahapan Pilkades Serentak Tahap II di Kabupaten Wonogiri Tahun 2018.

“Setelah terbentuk panitia pada satu Oktober, kami langsung melakukan koordinasi antar panitia,” ungkap Agus Joko Sumarno, Ketua Panitia Pilkades Desa Jendi, saat ditemui di lokasi pemungutan suara yang bertempat di Balai Desa Jendi, Selasa (4/11/2018), siang. Agus menambahkan, sosialisasi terkait pelaksanaan pilkades juga ia upayakan sampai ke tingkat RT.

Agus Joko Sumarno (kiri), saat memberikan keterangan kepada wartawan di lokasi kegiatan.

Menurutnya, rentang waktu dua bulan terbilang singkat untuk persiapan acara sebesar itu. Namun, lanjut Agus, ihwal pelaksanaan pilkades di Desa Jendi secara umum bisa berjalan lancar dan kondusif. Warga Dusun Bulu, Desa Jendi tersebut berharap, dari pilkades tersebut akan lahir pemimpin sesuai harapan masyarakat. “Mudah-mudahan lancar, selanjutnya akan terbentuk pemerintahan yang amanah, mendapatkan yang terbaik sesuai harapan masyarakat,” pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh PJ. Kades Jendi, H.Toto Tri Mulyarto, S.IP. MM. “Tugas kami adalah mempersiapkan prosesi pemilihan kepala desa, sehingga kami bertugas mengantarkan masyarakat Desa Jendi untuk dapat memilih pemimpin yaitu kepala desa sesuai dengan pilihanya,” ucapnya, saat ditemui dilokasi yang sama.

H.Toto Tri Mulyarto, S.IP. MM (kiri), saat menemani Camat Selogiri, Drs. Sigit Purwanto, M.Pd (tengah), untuk melihat persiapan Pilkades Desa Jendi.

Lebih lanjut Toto menyampaikan, bahwa semua tahapan dalam Pilkades yang telah ditetapkan bisa dijalankan dengan baik. “Semua tahapan yang telah ditetapkan oleh Panitia Tingkat Kabupaten bisa dijalankan dengan baik,” pungkas Sekcam Selogiri yang melaksanakan tugas sebagai PJ. Kades Jendi, sejak Mei lalu.

Seperti halnya yang dilakukan Panitia Pilkades Desa Jendi. Sejumlah warga yang tergabung dalam kepanitiaan Pilkades Desa Nambangan juga melakukan sejumlah persiapan menjelang Pilkades Serentak Tahap II di Kabupaten Wonogiri.

Hanya saja rapat koordinasi bagi sejumlah panitia lebih dominan dilaksanakan  pada malam hari. Mengingat, sebagian anggota panitia harus bekerja di siang hari. “Selama ini tidak ada kendala, koordinasi jalan terus, hanya saja terkadang kita melakukan pertemuan pada malam hari,” beber Edi Winoto, Ketua Panitia Pilkades Desa Nambangan.

Edi Winoto (kanan), bersama PJ. Kades Nambangan, Agus Haryanto, S.Sos.

Saat ditanya terkait harapan setelah diadakanya Pilkades di desanya, Edi mengungkapkan agar Kepala Desa nantinya bisa menciptakan tim kerja yang solid, dan mampu mengikuti perkembangan pola pikir di era sekarang. “Harapan saya dari pemimpin ini nanti bisa menciptakan team work yang solid untuk Desa Nambangan,” tutur Edi.

Hal serupa juga disampaikan oleh PJ. Kades Nambangan, Agus Haryanto, S.Sos. Menurutnya Pilkades merupakan pendidikan politik bagi masyarakat. Melalui Pilkades rakyat bisa memilih kepala desa yang memiliki kwalitas seperti yang diharapkan.

“Pilkades merupakan sebuah pendidikan politik untuk rakyat. Pemilihan dilakukan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Sehingga rakyat bisa memilih seorang pemimpin desa yang benar-benar berkwalitas,” ujar Agus. Lebih lanjut Agus berharap, agar kedepanya, Desa Nambangan bisa berkompetisi dengan desa lainnya, baik dalam penyelenggaraan pemerintahan, pebangunan, dan pemberdayaan.

Pengumuman

Statik Pengunjung

  • Hari Ini (11 Kunjungan)
  • Kemarin (47 Kunjungan)
  • Total (23562 Kunjungan)

Data Polling

Menurut pengunjung, apakah isi website ini bersifat informatif ?

  • Ya
  • Cukup
  • Tidak
  • Tidak Tahu